Minggu, 04 September 2011

Distribusi fentanil pada spasium intervili plasenta pada kompartemen fetal dan maternal

Abtraksi
Latar belakang Fentanil digunakan dalam praktik obstetri untuk memperkuat analgetik dan anestisia saat persalinan dan operasi cesare, dengan efek yang cepat dan dalam jangka waktu singkat.
Tujuan Untuk mengetahui konsentrasi fentanil pada maternal plasma, di dalam spasium intervili plasenta, dan pada arteri dan vena umbilikus pada masa kehamilan.
Pasien dan metode Sepuluh wanita hamil yang sehat yang menjalani anastesi epidural  dengan fentanil ditambah bupivakain dan lidokain, dan konsentrasi fentanil dihitung dari berbagai macam kompartemen fetal dan maternal, termasuk spasium intervili plasenta, dimana hal ini belum pernah diteliti sebelumnya pada literatur.
Hasil Rasio konsentrasi fentanil pada berbagai macam kompartemen fetal dan maternal mengungkapkan 86% dari perpindahan fentanil pada plasenta. Konsentrasi plasenta tetinggi didetesi pada spasium intervili plasenta, dimana pada lokasi tersebut konsentrasi 2.19 kali lebih tinggi dari plasma maternal, 2.8 kali lebih tinggi pada vena umbilikus dan 3.6 kali lebih tinggi dari arteri umbilikus, dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara arteri dan vena, yang menunjukkan tidak adanya penyerapan obat oleh jaringan fetus maupun metabolisme obat oleh janin meskipun adanya transfer melalui plasenta yang tinggi.

Kata kunci FentanilTransfer plasentaSpasium intervili plasentaP-gikoprotein

0 comments: