Selasa, 13 Oktober 2015

Kardiomiopati


Kardiomiopati Idiopatik
Kardiomiopati adalah kumpulan penyakit yang berdampak pada otot jantung yang tidak diketahui penyebabnya ( kardiomiopati primer ). Pembagian menurut Goodwin :

1.      Kardiomiopati kongesti / dilatasi
Penyakit miocard primer / idiopatik yang ditandai dengan :
·      Dilatasi ruangan jantung ( atrium, ventrikel ) dan gagal jantung kongesti ( semua ruangan jantung melebar / membesar ) karena fungsi pompa sistolik jantung mengalami gangguan progresif.
·       Volume akhir diastolic dan sistolik meningkat ( setiap diastolic dan sistolik masih ada sisa darah ). Sisa darah diastolik di atrium, sistolik di ventrikel.
·   Tebal dinding ventrikel dapat bertambah, berkurang atau normal, tetapi ada dilatasi. Timbunan darah di ventrikel kiri akan ke atrium kiri sehingga tekanan v.pulmonalis meningkat ( v.pulmonalis bermuara ke atrium kiri ).

2.      Kardiomiopati Hipertrofi
Adalah hipertrofi ventrikel tanpa adanya penyakit jantung / sistemik lain yang menyebabkan hipertrofi ventrikel tersebut.

3.      Kardiomiopati Restriktif
Tanda khas :
·         gangguan pada fungsi diastolic (tidak bisa mengembang secara maksimal)
·  dinding ventrikel sangat kaku sehingga menghalangi pengisian ventrikel→ terjadi gangguan fungsi diastolic ( gangguan aliran darah dari atrium ke ventrikel ). Diastolik terganggu→ stroke volume berkurang, darah dari atrium kiri ke ventrikel kiri sedikit → sistol darah yang keluar juga sedikit → lama-lama terjadi gangguan sistemik karena nutrisi dan O2 kurang → perfusi jaringan juga akan berkurang.
·         pemeriksaan PA : fibrosis, hipertrofi / infiltrasi pada miokardium.


(Wynne, 2004)

0 comments: