Senin, 05 Mei 2008

Cushing Sindrom

Hipersekresi oleh korteks adrenal akan menyebabkan timbulnya sekumpulan efek hormonal yang disebut sebagai cushing sindrom. Penyakit ini disebabkan oleh semua keadaan yang menyebabkan peningkatan glukokortikoid. Dalam praktek klinis, sebagian besar kasus cushing sindrom disebabkan oleh pemberian glukokortikoid eksogen (cushing sindrom iatrogenik). Penyebab lain bersifat endogen dan disebabkan oleh salah satu dari berikut : (1) Penyakit primer hipotalamus-hipofisis yang menyebabkan hiper-sekresi ACTH; (2) Hiperplasia atau neoplasma adrenokorteks primer ; (3) Sekresi ACTH ektopik oleh neoplasma non endokrin. (Guyton, 1997; Kumar, 2007)

Penyakit primer hipotalamus-hipofisis yang berkaitan dengan pengeluaran berlebihan ACTH, yang juga dikenal sebagai penyakit Cushing, merupakan penyebab lebih dari separuh kasus sindrom Cushing endogen spontan. Pada sebagian besar pasien ini, kelenjar hipofisis mengandung sebuah adenoma penghasil ACTH (mikroadenoma hipofisis) yang tidak menimbulkan efek massa di otak. Adenoma ini kurang peka terhadap efek umpan balik kortisol dibandingkan dengan yang normal. Pada pasien lain hipofisis anterior mengandung daerah hiperplasia sel kortikotrof tanpa adenoma nyata. Hal ini diakibatkan stimulasi berlebihan pengeluaran ACTH akibat sinyal (misalnya CRH) dari hipotalamus. (Kumar, 2007)
Neoplasma dan hiperplasia adrenokorteks primer membentuk sekitar 25% hingga 30% kasus Cushing sindrom endogen. Varian ini berfungsi secara otonom sehingga disebut Cushing sindrom independen-ACTH. Pada sebagian besar kasus Cushing sindrom adrenal disebabkan oleh neoplasma adrenokorteks unilateral, yang mungkin jinak atau ganas. Sekresi ACTH ektopik dan tumor nonendokrin merupakan penyebab sebagian besar Cushing sindrom endogen sisanya. (Kumar, 2007)
Gejala klinis penyakit ini adalah obesitas badan (truncal obesity), hipertensi, mudah lelah kelemahan, amenorea, hirsutisme, striae abdomen berwarna ungu, edema, glukosuria, osteoporosis, dan tumor basofilik hipofisis. (Sjafii, 2007)

1 comments:

Anonim mengatakan...

sammy.... gw ajeng.... ank FK 07... wah.. kren yah BLOg Loe.... Loe angkatan 2007??? ko9 udh bLjar endokrin LAma??? gw bru bLjar.. hehhehehe:) teach me about cushing sindrom donKz...^^