Minggu, 04 September 2011

Anatomi, Fisiologi, dan Histologi Vesica Vellea dan Pankreas


Vesica fellea umumnya berbentuk seperti buah pear, terletak pada fossa vesica fellea yang berada pada fascies visceralis hepatis diantara lobus dexter hepatis dan lobus quadratus hepatis. Vesica fellea divaskularisasi oleh a. cystic cabang ramus dexter a. hepatica propria. V. cystic merupakan venosanya ke vena porta hepatis. Inervasi dari vesica fellea adalah cabang dari plexus hepaticus dimana mengandung serabut-serabut saraf parasimpatis dan simpatis. Dinding vesica fellea terdiri atas mukosa dengan epitel selapis silindris dan lamina propria, selapis otot polos, jaringan ikat perimuskular, dan suatu membran serosa. Mukosa vesica fellea memiliki banyak lipatan yang terutama dijumpai ketika vesica fellea sedang kosong. Sel-sel epitelnya kaya akan mitokondria. Semua sel ini mampu menyekresi sejumlah kecil mukus. Kelenjar mukosa tubuloasinar dekat dengan duktus sistikus berperan pada produksi sebagian besar mukus yang terdapat dalam empedu. Fungsi utama vesica fellea adalah penyimpanan empedu, pemekatan empedu, dan melepaskan empedu ke dalam saluran cerna (Indratni, 2004; Junqueira, 2007).
Pankreas adalah suatu kelenjar eksokrin dan endokrin yang memanjang berbentuk seperti pistol membentang dari lengkung duodenum hingga lien menyilang transversal dinding posterior abdomen. Pankreas memiliki dua saluran yaitu duktus pankreatikus wirsungi dan duktus pankreatikus asesorius. Duktus pankreatikus wirsungi bermuara pada papilla duodeni mayor bersama duktus choledocus. Sedangkan duktus pankreatikus asesorius bermuara di papilla duodeni minor (Indratni, 2004).
Pankreas berfungsi penting dalam membentuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein karena mengeluarkan: (1) succus pankreaticus (getah pankreas) yang mengandung berbagai enzyme yang setelah mencapai duodenum akan mampu mencernakan protein, lemak dan karbohidrat; (2) hormon insulin dan glukagon (Indratni, 2004).
Pankreas merupakan kelenjar dengan fungsi endokrin dan eksokrin. Fungsi endokrin dijalankan oleh pulau langerhans. Bagian eksokrin pankreas adalah kelenjar asinar kompleks yang serupa dengan struktur kelenjar parotis.  Namun dapat dibedakan karena tidak ada duktus striata dan ada pulau langerhans pada pankreas. Inti, yang dikelilingi sitoplasma pucat, terletak di sel sentroasinar yang merupakan bagian intra-asinar di duktus interkalaris. Sel-sel ini hanya dijumpai di asinus pankreas. Asinus eksokrin pankreas terdiri atas beberapa sel serosa yang mengelilingi lumen. Sel-sel ini sangat terpolarisasi, dengan inti bulat dan khas untuk penghasil protein. Pankreas ditutupi suatu simpai jaringan ikat tipis yang menjulurkan septa ke dalamnya, dan memisahkan lobulus pankreas (Junqueira, 2007).

0 comments: